HEADLINE NEWS

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Keutamaan Menyantuni Anak Yatim || Hari Asyura Tanggal 10 Muharram 1444 H

KEUTAMAAN MENYANTUNI ANAK YATIM || HARI ASYURA TANGGAL 10 MUHARRAM 1444 H

Sahabat Al Amin Center yang berbahagia, saat ini kita sudah memasuki tahun baru 1444 Hijriyah. seperti biasa pada setiap bulan muharram Yayasan Al Amin Center mengadakan kegiatan santunan anak yatim. Bulan ini insyaallah kita laksanakan pada hari Senin malam Selasa tepat pada malam asyuro tanggal 10 Muharram 1444 H / 8 Agustus 2022 M.


Yayasan Al Amin Center Bangkalan sebenarnya rutin dan semoga terus Istiqomah mengadakan santunan setiap awal bulan setiap bulan, namun khusus bulan muharram ini kami mengadakan santunan anak yatim bertepatan dengan tanggal 10 Muharram atau dikenal dengan hari Asyura karena banyak keistimewaan didalamnya. Dalam kegiatan santunan  pada tanggal 10 Muharram ini berbeda dengan santunan setiap bulan, karena pada acara ini kami sengaja mengundang langsung para dermawan untuk bisa menyantuni anak yatim secara langsung memberikan sendiri kepada anak yatim yang hadir atau bisa juga menitipkan kepada kami pengurus yayasan.

Acara ini insyaallah dimulai dengan pembacaan sholawat nabi oleh Jam'iyah Samroh Al Amin Center, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua Yayasan Al Amin Center Bangkalan, kemudian Istighosah dan Do'a bersama selanjutnya di tutup dengan acara inti yaitu pemberian santunan oleh para dermawan. Semoga tercatat sebagai amal sholeh yang terima oleh Allah SWT. Aamiin.


Siapa sih anak yatim itu? Anak yatim diartikan sebagai anak yang ditinggal wafat oleh ayahnya dan dia belum mencapai akil baligh (dewasa). Ia belum bisa pula memenuhi kebutuhan serta menjamin masa depannya. Sedangkan yang disebut sebagai anak yatim piatu adalah anak yang ditinggal wafat oleh ayah dan ibunya. Islam sangat memuliakan anak yatim, Allah SWT. melalui firman-Nya seringkali mengingatkan hamba-Nya agar mengasihi anak yatim, terdapat 23 kali anak yatim disebutkan di dalam Al-Qur'an. Lalu, apa saja sih keutamaan-keutamaan menyantuni anak yatim yang bisa kita peroleh? yuk baca berikut ini adalah keutamaan menyantuni anak yatim.


Keutamaan Menyantuni Anak Yatim

“Dalam satu hadits, Rasulullah SAW bersabda bahwa jarak Rasulullah SAW dengan orang yang menyantuni anak yatim seperti jari telunjuk dan jari tengah-Nya..”


1. Dijamin Masuk Surga

Siapa sih yang tak mau masuk surga? pasti semuanya mau, tak mungkin ada yang nggak mau masuk surga. Tujuan hidup kita di dunia ini adalah untuk mempersiapkan bekal agar bisa meraih Jannah-Nya. Rasul menjanjikan hal ini dalam salah satu haditsnya. Rasulullah SAW bersabda: “Orang-orang yang memelihara anak yatim di antara umat muslimin, memberikan mereka makan dan minum, pasti Allah memasukkannya ke dalam surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni.” (HR Tirmidzi dari Ibnu Abbas).


2. Mendapatkan pertolongan dari Allah

Ketika mengalami kesulitan kalian berharap seseorang menolong kalian, bukan? Dengan menyantuni anak yatim menjadikan kita akan mendapatkan pertolongan langsung dari Allah SWT. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “….Allah akan menolong hamba-Nya selama hamba itu menolong saudaranya.” (HR Muslim dan Ashhabus Sunan dari Abu Hurairah).


3. Terhindar dari Siksaan

Taukah kalian siksaan di akhirat begitu pedih dan menyakitkan, tak sama seperti di dunia. Tentu kalian berdoa agar tidak mendapatkan siksaan tersebut. Dengan menjaga dan menyantuni anak yatim dapat menghindarkan kita dari siksa di hari akhir. Rasululllah SAW bersabda bahwa Allah SWT berfirman: “Demi Yang Mengutusku dengan haq, Allah tidak akan menyiksa pada hari kiamat nanti orang yang menyayangi anak yatim, lemah lembut pembicaraan dengannya, serta menyayangi keyatiman serta kelemahannya.” (HR.Thabrani dari Abu Hurairah)


4. Dekat dengan Rasulullah

Siapa sih yang tidak rindu berjumpa dengan Rasulullah? Pasti semuanya rindu sekali dengan Rasulullah, ingin berjumpa dan bertemu langsung dengan beliau. MasyaAllah begitu mulianya keutamaan menyantuni anak yatim hingga islam menjanjikan balasan yang istimewa, dekat dengan Rasul di surga. “Aku dan orang yang mengasuh atau memelihara anak yatim akan berada di surga begini,” lalu beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengah serta merenggangkannya sedikit.” (HR Bukhari, Tirmidzi, Abu Daud dan Ahmad dari Sahl bin Sa’d). MasyaAllah bangetkan sedekat apa, kita membayangkannya saja sudah berlinang air mata dan berfikir mustahil bagi kita dekan dengan Rasulullah.


5. Diberi Gelar Abror (Taat kepada Allah)

MasyaAllah selain poin 1-4, diberi gelar abror. Bayangkan jika diberikan gelar oleh manusia saja adalah salah satu kehormatan bagi kita. Namun, bagaimana jika mendapat gelar dari Allah SWT?


“Orang yang memelihara anak yatim di kalangan umat muslim, memberikannya makan dan minum, pasti Allah akan masukkan ke dalam surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni.” (HR Tirmidzi dari Ibnu Abbas). Semoga kita termasuk dalam golongan yang diberi gelar tersebut. Aamiin


6. Berinvestasi Amal Untuk Akherat

Nih, ada pepatah mengatakan, “apa yang kita tanam akan kita tuai”. Apa yang kita lakukan di dunia akan mendapatkan balasan di hari akhir nanti. Manfaat menyantuni anak yatim seperti berinvestasi amal di akhirat. Rasulullah SAW bersabda, “Jika manusia mati atau terputus amalnya, kecuali tiga perkara: sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat serta anak saleh yang selalu mendoakannya,” (HR.Muslim Abu Hurairah).


7. Terhindar dari Cap Pendusta Agama

Seseorang yang menghardik anak yatim oleh Al Qur’an disebut dengan pendusta agama. Jangan sampai kita mendapatkan cap tersebut ya kawan. Naudzubillahimindzalik. “Tahukah kamu individu yang mendustakan agama, itulah individu yang menghardik anak yatim, dan tiadk menganjurkan memberi makan kepada anak miskin.” (QS Al Ma’un, ayat 1-3).


8. Dilembutkan Hatinya

Ada orang yang begitu keras hatinya, sulit menerima nasehat, tidak mau menerima kebaikan. Rasulullah SAW menganjurkan agar orang tersebut menyantuni anak yatim: “Ada seseorang yang mengadu kepada Nabi Muhammad tentang kerasnya hati. Nabi menjawab: Silahkan beri makan orang miskin dan usap kepada anak yatim,” (Ibnu Hajar Al-Asqalani).


9. Mendapatkan Pahala

Tak hanya mendapatkan balasan untuk diri sendiri, keutamaan menyantuni anak yatim juga bermanfaat untuk orang lain, yaitu ketika kita mengerjakannya dengan ikhlas dan hanya mengharap ridho Allah SWT. “Siapa saja yang menyeru pada kebaikan, maka baginya pahala yang sama dengan orang yang mengerjakannya,” (HR.Muslim, Tirmidzi dan Abu Daud dari Abu Mas’ud).


10. Mendapatkan Banyak Kebaikan

Dalam hadist yang diriwayatkan Abu Hurairoh r.a, dijelaskan bahwa ketika itu ada yang datang kepada Nabi Muhammad SAW, kemudian beliau bersabda: “Barang siapa mengusap kepala anak yatim piatu laki-laki atau perempuan karena Allah, adalah baginya setiap rambut yang diusap dengan tangannya itu terdapat banyak kebaikan.” 


Demikian fadhilah atau keutamaan Menyantuni anak yatim. Semoga barokah dan manfaat, Aamiin Ya Robbal 'Alamiin 🤲🤲🤲

Previous
« Prev Post
Show comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *