HEADLINE NEWS

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

7 Tahapan Pembelajaran Al-Qur'an Metode Ummi

7 TAHAPAN PEMBELAJARAN AL-QUR'AN METODE UMMI

Sahabat Al Amin Center, berikut ini adalah tahapan–tahapan pembelajaran Al Qur’an menggunakan metode Ummi, ini merupakan langkah–langkah mengajar Al Qur’an yang harus dilakukan seorang guru dalam proses belajar mengajar, tahapan–tahapan mengajar Al Qur’an ini harus dijalankan secara berturut–turut sesuai dengan hierarkinya.


PEMBUKAAN

Pembukaan adalah kegiatan pengondisian para santri untuk siap belajar, dilanjutkan dengan salam pembuka, tanya kabar dan membaca Q.S Al-Fatihah serta do’a pembuka belajar Al Qur’an bersama sama.

APERSEPSI

Apersepsi adalah mengulang kembali materi yang telah diajarkan sebelumnya untuk dapat dikaitkan dengan materi yang akan diajarkan padah hari ini. 

PENANAMAN KONSEP

Penanaman konsep adalah proses menjelaskan materi/ pokok bahasan yang akan diajarkan pada hari ini.

PEMAHAMAN KONSEP

Pemahaman adalah memahamkan kepada anak terhadap konsep yang telah diajarkan dengan cara melatih anak untuk contoh – contoh yang tertulis di bawah pokok bahasan.

LATIHAN / KETERAMPILAN

Keterampilan atau latihan adalah melancarkan bacaan anak dengan cara mengulang – ulang contoh atau latihan yang ada pada halaman pokok bahasan atau halaman latihan.

EVALUASI / PENILAIAN

Evaluasi adalah pengamatan sekaligus penilaian melalui buku prestasi terhadap kemampuan dan kualitas bacaan anak satu persatu.

PENUTUP

Penutup adalah pengondisian anak untuk tetap tertib, pesan-pesan, kemudian membaca do’a penutup dan diakhiri dengan salam penutup dari Ustadz atau Ustadzah.

Previous
« Prev Post
Show comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *