HEADLINE NEWS

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Hikmah dan Manfaat Wakaf dalam Kehidupan

HIKMAH DAN MANFAAT WAKAF DALAM KEHIDUPAN 

Wakaf ialah mengalihkan hak milik pribadi menjadi milik suatu badan atau organisasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat dengan tujuan untuk mendapatkan kebaikan dan ridho Allah atau wakaf dapat di artikan pemindahan kepemilikan suatu barang yang dapat bertahan lama untuk di ambil manfaatnya bagi masyarakat dengan tujuan ibadah dan mencari ridho Allah. Atau memberikan suatu benda atau harta yang dapat di ambil manfaatnya untuk di gunakan bagi kepentingan masyarakat menuju keridloan Allah SWT.

Firman Allah SWT. :
Artinya :

"Dan berbuatlah kebajikan agar kamu beruntung". (QS. Al Hajj/22:  77).

Firman Allah SWT.:
Artinya :                      

"Tidak akan tercapai olehmu suatu kebaikan sebelum kamu sanggup membelanjakan sebagian  harta yang kamu sayangi" .(QS. Ali Imran/3: 92)


HIKMAH DAN MANFAAT WAKAF DALAM KEHIDUPAN 

Manfaat wakaf bukan hanya dirasakan oleh penerimanya saja, tapi juga untuk pemberi dan pengelolanya. Berwakaf akan memberikan kesejahteraan bagi banyak umat, terutama bagi yang membutuhkan.


Mendekatkan Diri dengan Allah SWT

Wakaf adalah salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal ini karena dengan berwakaf kita menyadari bahwa harta di dunia tidak ada yang abadi dan ada hak orang lain di dalamnya. Dengan berwakaf akan membantu Anda kelak di akhirat.

Mendapat Amalan Jariyah

Wakaf berbeda dengan sedekah pada umumnya. Harta benda yang diwakafkan umumnya terus dimanfaatkan dalam jangka waktu lama, bahkan meskipun pewakaf sudah tiada. 

Sehingga, wakaf bisa menjadi amalah jariyah yang pahalanya terus mengalir hingga hari kiamat selama harta benda yang diwakafkan terus dimanfaatkan oleh masyarakat. 

Meningkatkan Rasa Persaudaraan

Dengan wakaf juga bermanfaat untuk membangun serta memperkuat tali persaudaraan diantara umat muslim. Karena harta benda wakaf bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat dan memberikan kebahagiaan untuk orang lain. 

Menumbuhkan Jiwa Sosial

Manfaat wakaf lainnya juga dapat menumbuhkan jiwa sosial karena amalan ini membantu meringankan beban kesulitan yang dialami oleh orang lain. Misalnya membantu memberikan wakaf sebidang tanah untuk kepentingan ibadah atau fasilitas umum dll.

Mendorong Kesejahteraan Umat

harta/benda wakaf ditujukkan untuk kepentingan umum sehingga dapat mendorong kesejahteraan umat di sekitar.

Mendukung Sarana Ibadah 

Manfaat lainnya, berwakaf bisa mendukung sarana beribadah. Misalnya wakaf tanah untuk masjid atau pondok pesantren yang  nantinya akan dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan beribadah.

Dengan berbagai manfaat tersebut, tidak sedikit umat muslim berlomba-lomba memberikan kebaikan melalui wakaf. Jika Anda juga tergerak ikut dalam menjalankan amalan wakaf.

Previous
« Prev Post
Show comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *