HEADLINE NEWS

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Program dan Kegiatan Al Amin Center Bangkalan dalam Rangka Mewujudkan VISI dan MISInya

PROGRAM DAN KEGIATAN AL AMIN CENTER BANGKALAN DALAM RANGKA MEWUJUDKAN VISI DAN MISINYA

Sahabat, ketahuilah bahwa Al Amin Center bukan hanya sekedar tempat belajar membaca Al-Qur'an saja, akan tetapi banyak program dan kegiatan yang lain yang juga sangat penting dan wajib dipelajari, dipahami dan diamalkan oleh para santri dan ini adalah merupakan tanggung jawab kita semua sebagai orang tua. 

Kemudian sesuai VISI dan MISI yang ada kami programkan kegiatan kegiatan Al Amin Center. Program ini sangat dibutuhkan bantuan dan dukungan para orang tua/ wali santri sebagai idola dan contoh yang senantiasa lebih banyak bersama mereka. Terbukti kenyataan yang ada dengan tempat belajar sama, program yang sama akan tetapi hasilnya berbeda itu banyak contohnya, hal ini sangat dipengaruhi oleh lingkungan utamanya orang tua, karena ada orantua yang peduli akan perkembangan pendidikan anaknya ada juga yang tidak peduli. sebagai contoh program hafalan, ada anak yang cepat hafal ada anak yang tidak hafal-hafal. Contoh lain ada anak yang sudah rajin sholat, ada juga anak yang cuma sholat jika ditempat mengaji saja. Oleh karenanya dimohon dukungan orang tua untuk mendidik, melatih dan memantau serta melaporkan perkembangan mereka saat dirumah. 










Adapun Program Al Amin Center yang dimaksud adalah sebagai berikut :

1. KEGIATAN SHOLAT BERJAMAAH
Seluruh santri diwajibkan mengikuti kegiatan ini, untuk melatih mereka terbiasa sholat berjamaah dengan baik, benar dan khusyuk. kegiatan ini kami pantau dan santri yang bergurau saat sholat akan diberi sanksi agar kemudian mereka menjadi terlatih dan terbiasa shalat dengan benar dan khusyuk. Diharapkan para wali santri untuk juga mengingatkan dan memerintahkan mereka untuk senantiasa mengerjakan sholat lima waktu saat mereka berada di rumah.

2. KEGIATAN PRAKTEK SHOLAT 
Santri wajib hafal bacaan sholat mulai dari Takbiratul Ihram sampai Salam beserta artinya, Perbedaan kegiatan ini dengan kegiatan sholat berjamaah adalah dalam kegiatan ini yang jadi imam adalah salah satu dari santri itu sendiri dan mereka semua baik yang jadi imam maupun yang jadi makmum diharuskan membaca semua bacaan sholat dengan suara keras agar yang sudah hafal tidak lupa dan yang belum hafal cepat hafal. Dalam kegiatan praktek sholat ini akan dipantau baik bacaan maupun posisi dan gerakan sholatnya. Diharapkan para wali santri ikut membantu agar segera hafal bacaan sholat beserta artinya.

Sesuai dengan hadits Nabi bahwa sholat adalah tiang agama, dalam hadits lain juga disebutkan bahwa sholat ini nanti yang akan dihisab pertama kali diakhirat, jika sholatnya baik maka baiklah seluruh amalnya, jika sholatnya tidak baik maka tidak baiklah seluruh amalnya. Sholat juga dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Ini adalah kewajban kita sebagai orang tua untuk mendidik dan melatih mereka terbiasa mengerjakan sholat lima waktu, jika amanah ini kita lalaikan maka kita sebagai orang tua akan dituntut kelak diakhirat. 

Yuk kita kenalkan anak keturunan kita kepada sang penciptanya sejak dini agar setelah dewasa mereka menjadi pribadi yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT dan RasulNya dan kitapun tidak dituntut kelak di akhirat, semoga anak keturunan kita menjadi anak-anak yang Sholeh dan Sholihah rajin mengerjakan sholat lima waktu tanpa disuruh. Jangan lupa juga mari kita do'akan mereka selalu minimal setiap habis sholat lima waktu.

3. KAJIAN KITAB

Kegiatan ini wajib diikuti oleh santri kelompok besar, Adapun kitab yang dibaca:

1). Kitab Tauhid 
Kitab ini untuk mengenalkan ilmu tauhid (mengesakan Allah SWT) utamanya mengenalkan mereka kepada Allah SWT dan Rasulnya, semoga bermanfaat dan menambah iman dan taqwa mereka. Semua santri diwajibkan hafal sifat wajib, sifat mustahil dan sifat Jaiz bagi Allah dan Rasulnya.

2). Kitab Akhlak
Kitab ini untuk mengenalkan kepada mereka tentang akhlak yang baik dan akhlak yang tidak baik, adapun prakteknya sangat butuhkan dukungan, dan pemantauan dari orang tua. Akhlak termasuk hal yang sangat penting sehingga nabi bersabda bahwa beliau diutus semata-mata untuk menyempurnakan akhlaq.

Mencetak akhlak yang baik bagi anak akan sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, utamanya adalah orang tua mereka sebagai idola dan contoh bagi mereka. Yuk kita didik dan latih anak kita sejak dini menjadi pribadi yang berakhlak mulia, Karena ibarat batang pohon jika bengkok masih kecil masih bisa kita luruskan akan tetapi jika pohon itu sudah tumbuh besar pasti akan sulit atau bahwa tidak bisa diluruskan.

3). Kitab Tajwid
Kajian ini diwajibkan bagi santri kelompok besar utamanya yang sudah masuk kelompok Al-Qur'an agar mereka bukan hanya bisa membaca Al-Qur'an dengan baik akan tetapi mereka juga dapat mengerti dan paham istilah-istilah dalam ilmu tajwid serta dapat mempraktekkannya saat membaca ayat-ayat suci Al-Qur'an.

4). Kitab Fikih
Kajian kitab ini bertujuan agar para santri memahami apa semestinya wajib mereka kerjakan, apa yang haram dikerjakan, hal-hal sunnah, hal-hal yang makruh maupun hal-hal yang boleh mereka kerjakan atau tidak. Diharapkan setelah mereka mengetahui dan paham semoga mereka dapat mengamalkan ilmunya sehingga ilmunya menjadi ilmu yang Barokah dan Manfaat, Aamiin

4. BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS AL QUR'AN YANG BAIK DAN BENAR
Dalam kegiatan ini santri dibuat beberapa kelompok sesuai dengan jilid maupun kelompok AL-Qur'an, mereka tidak hanya belajar membaca dengan baik dan benar, akan tetapi juga akan dibekali dengan kaidah ilmu tajwid serta juga akan belajar menulis. Insyaallah kedepan kami akan menggunakan metode ummi.

5. PROGRAM MUHAFADHOH/ HAFALAN

1). Hafalan Al-Qur'an Juz 30 / Juz Amma
Hafalan ini diwajibkan bagi kelompok santri besar utamanya yang sudah Al-Qur'an mereka wajib setor hafalan dengan bertahap.
2). Hafalan Surat-surat Pendek
Hafalan ini diwajibkan bagi santri kelompok kecil dan ditarget sesuai jilid yang mereka pelajari.
3). Hafalan Niat & Bacaan Sholat beserta artinya
Ini hafalan yang paling penting dan wajib dihafalkan utamanya oleh para santri yang sudah mau baligh, karena ibadah sholat wajib ain untuk di pelajari dan dilaksankan oleh setiap orang mukallaf, jangan sampai ada santri yang sudah menginjak baligh belum hafal bacaannya. Diharapkan selain menghafal para santri rajin mempraktekkannya utamanya dalam sholat 5 waktu.
4). Hafalan Hadits pendek 
Hafalan ini sesuai dengan hadits-hadits diajarkan oleh Ustadz/Ustadzah dan bertahap
5). Hafalan Do'a sehari-hari
Dengan menghafal do'a-do'a ini diharapkan para santri dapat langsung mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga mereka terbiasa berdzikir mengingat Tuhannya.
6). Hafalan Asmaul Husna
Menghafal Asmaul Husna atau nama-nama Allah yang 99 ini adalah dalam rangka mengenalkan para santri terhadap Allah SWT. Sehingga diharapkan dapat menambah keimanan dan ketaqwaan para santri kepada-Nya.
7). Hafalan Sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz bagi Allah SWT dan RasulNya. 
Hafalan ini juga dalam rangka mengenalkan para santri kepada sang pencipta dan juga rasulNya.
8). Hafalan Lainnya yang dibutuhkan para santri.
Seperti contoh hafalan nama-nama malaikat, nama-nama Rasul, rukun Islam, Rukun Iman dll.

6. KEGIATAN YASIN DAN TAHLIL, ISTIGHOSAH DAN DOA BERSAMA SERTA SHOLAWAT DIBAIYAH

Kegiatan ini dilaksanan setiap malam Jumat. Dengan kegiatan ini para santri ikut membaca, menghafal sehingga diharapkan ketika nanti mereka sudah besar dan dibutuhkan di masyarakat mereka siap memimpin bacaan-bacaan tersebut.

7. SENI NAGHOMUL QUR'AN DAN TARTILUL QUR'AN

Kegiatan ini bertujuan agar para santri bukan hanya pintar membaca akan tetapi diharapkan mereka dapat melantunkan bacaan Al-Qur'an dengan kaidah lagu-lagu Qira'at maupun Tartilul Qur'an.

8. SENI SHOLAWAT AL BANJARI/ SENI SAMROH
Kegiatan ini dilaksanakan pada malem Jumat setelah membaca Yasin bersama dilanjutkan dengan membaca sholawat dibaiyah dengan diiringi seni Hadrah Al-Banjari dan atau seni samroh.

Semoga kita semua dan anak keturunan kita khususnya santriwan/santriwati Al Amin Center Senantiasa mendapatkan Rahmat dan Ridlo Allah SWT. Barokah Umurnya, Sehat Badannya, Lancar Rizqinya, dijadikan anak yang Sholih dan Sholihah, bertaqwa kepada Allah SWT., dikabulkan segala cita dan hajat baiknya, dimudahkan segala urusannya, sukses husnul khotimah, selamat didunia maupun di akhirat, mendapatkan Ilmu yang barokah dan manfaat, Aamiin

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *