HEADLINE NEWS

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Tahsin, Tashih dan Sertifikasi Guru Al Qur'an Metode Ummi

TAHSIN, TASHIH DAN SERTIFIKASI GURU AL QUR'AN METODE UMMI


Sahabat Al Amin Center yang berbahagia, metode ummi adalah sebuah metode mengajarkan Al Qur'an yang efektif, mudah, menyenangkan dan menyentuh hati. Saat ini metode ummi semakin berkembang pesat dan sudah banyak sekali TPQ maupun sekolah-sekolah yang menggunakan metode ini dalam kegiatan pembelajaran Al Qur'an. Untuk menjadi guru Al Qur'an Metode Ummi ini temen-temen harus melalui tahapan tahsin, Tashih dan sertifikasi guru Al Qur'an Metode ummi sesuai dengan 7 program dasar metode ummi. 


SEJARAH METODE UMMI

Metode UMMI lahir pada tahun 2011 yang didirikan oleh UMMI Foundation yang berada di Surabaya dengan visi menjadi lembaga terdepan yang melahirkan generasi qur’ani. UMMI foundation bekerjasama dengan lembaga-lembaga yang mempunyai visi yang sama yaitu mengembangkan pembelajaran Alquran yang mengedepankan kualitas dan kekuatan sistem. Adapun misinya yaitu mewujudkan lembaga profesional dalam pengajaran Al Qur’an dengan basis sosial dan dakwah, membangun sistem manajemen pembelajaran Al Qur’an yang berbasis pada mutu, serta menjadi pusat pengembangan dan dakwah Al Qur’an pada masyarakat.


Nama UMMI sendiri diambil dari bahasa Arab yang artinya Ibuku. Ibu banyak sekali jasanya kepada kita yang dengan sabar mengajarkan banyak hal dan bahasa di dunia. Pendekatan bahasa ibu sangat efektif dalam mengajar al qur’an yaitu dengan cara langsung tanpa dieja (direct method), diulang-ulang (repetition), dan penuh kasih sayang yang tulus, serta kesabaran yang luar biasa (affection). Nah dengan cara inilah pendekatan metode UMMI diterapkan oleh para pengajarnya kepada para siswanya sehingga hasilnyapun sangat luar biasa.


Dalam belajar Al Qur’an Metode UMMI setiap siswa menggunakan buku Jilid (1-6), Al Qur’an UMMI serta waqaf ibtida, buku Gharib dan buku Tajwid yang masing-masingnya wajib dikuasai apabila ingin mengikuti munaqasyah (sidang tes) dan wisuda UMMI.


7 PROGRAM DASAR METODE UMMI

Dalam metode ummi ada tujuh progam dasar yang merupakan dasar utama yang diterapkan dalam membangun Generasi Qur'ani melalui proses Pembelajaran Al Qur'an dengan menggunakan metode Ummi. Selain itu, program ini juga ditujukan untuk membantu lembaga dan guru dalam meningkatkan kemampuan pengelolaan dan pembelajaran Al Qur'an yang efektif, mudah, menyenangkan dan menyentuh hati. Keseluruhan program ini akan menjamin setiap guru Al Qur'an untuk mampu memahami metodologi pengajaran Al Qur'an beserta tahapan-tahapannya sekaligus menerapkan manajemen kelas yang efektif.


1. Tashih Bacaan Al-Quran

Program ini dimaksudkan untuk memetakan standar kualitas bacaan Al Qur’an guru atau calon guru Al Qur’an, sekaligus untuk memastikan bacaan Al Qur’an guru / calon guru Al Qur’an yang akan mengajarkan Metode Ummi sudah baik dan tartil.


2. Tahsin

Program ini dilakukan dalam rangka membina bacaan dan sikap para guru / calon guru Al Qur’an sampai bacaan Al Qur’annya bagus / tartil. Mereka yang telah lulus tahsin dan tashih berhak mengikuti sertifikasi guru Al Qur’an Metode Ummi.


3. Sertifikasi Guru Al-Quran

Program ini dilaksanakan selama 3 hari dalam rangka penyampaian metodologi bagaimana mengajarkan Al Qur’an Metode Ummi, mengatur dan mengelola pembelajaran Al Qur’an dengan Metode Ummi. Bagi guru yang lulus dalam sertifikasi guru Al Qur’an ini akan mendapatkan syahadah / sertifikat sebagai pengajar Al Qur’an Metode Ummi.


4. Coaching

Merupakan program pendampingan dan pembinaan kualitas penyelenggaraan pengajar an Al Qur’an di sekolah dan lembaga-lembaga yang menerapkan sistem Ummi sehingga bisa merealisasikan target pencapaian penjaminan mutu bagi siswa / santri.


5. Supervisi (Pemastian dan penjagaan mutu sistem ummi diterapkan di lembaga)

Merupakan program penilaian dan monitoring kualitas penyelenggaraan pengajaran Al Qur’an di sekolah dan lembaga-lembaga yang menerapkan sistem Ummi yang bertujuan memberikan akreditasi bagi lembaga tersebut.


Kegiatan evaluasi meliputi :

✅ Jumlah guru yang bersertifikat.

✅ Implementasi proses belajar mengajar di kelas .

✅ Standar hasil belajar siswa .

✅ Jumlah hari efektif Al Qur’an (HEQ).

✅ Rasio guru dan siswa .

✅ Manajemen / administrasi pengajaran 

Pelaksanaan pembinaan guru dan mengevaluasi kualitas pembelajarannya


6. Munaqasyah ( Kontrol eksternal kualitas/ evaluasi hasil akhir oleh ummi foundation )

Merupakan program penilaian kemampuan siswa / santri pada akhir pembelajaran untuk menentukan kelulusan.


Bahan yang diujikan meliputi :

✅ Fashohah dan Tartil Al Qur’an (juz 1-30) .

Membaca Ghoroib dan komentarnya .

✅ Teori Ilmu Tajwid dan menguraikan hukum-hukum bacaan.

Hafalan dari surat Al A’la sampai surat An Naas.


Munaqasah meliputi tartil baca Al Qur’an dan Tahfidz (menghafal) Al QUr’an, baik juz 30 , 29, 28, 27, maupun di juz 1 – 5


7. Khotaman dan Imtihan

Acara yang bertujuan uji publik sebagai bentuk akuntabilitas dan rasa syukur, dikemas elegan, sederhana dan melibatkan seluruh stake holder sekaligus merupakan laporan secara langsung dan nyata kualitas hasil pembelajaran Al Qur’an kepada orang tua wali santri/masyarakat. Acara meliputi :

Demo kemampuan membaca dan hafalan Al Qur’an

Uji publik kemampuan membaca, hafalan, bacaan ghoroib dan tajwid dasar

✅ UJi dari tenaga ahli Al Qur’an dari Tim Ummi dengan lingkup materi tertentu.


Semoga Bermanfaat, Aamiin

Salam, Admin Al Amin Center

NUR AMIN, S.Pd.I


Newest
You are reading the newest post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *