HEADLINE NEWS

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Menghindari Sifat Sombong dan Angkuh

CARA MENGHINDARI SIFAT SOMBONG DAN ANGKUH


Sahabat yang berbahagia, Imam Al-Ghazali dalam kitabnya Ihya' Ulumuddin menjelaskan tips agar kita terhindar dari sifat tercela tersebut : 

1. Jika berjumpa dengan anak-anak, anggaplah anak-anak itu lebih mulia dari kita, karena anak-anak belum banyak melakukan dosa. 

2. Apabila bertemu dengan orang tua, anggaplah dia lebih mulia daripada kita karena dia sudah lama beribadah kepada Allah SWT, dibandingkan dengan diri kita. 

3. Jika bertemu dengan orang alim, anggaplah dia lebih mulia dari kita, karena dia lebih banyak ilmu yang dipelajarinya dan lebih banyak mengetahui, dibandingkan dengan diri kita. 

4. Apabila bertemu orang jahil, anggaplah mereka lebih mulia daripada kita, karena mereka melakukan dosa dalam kejahilan, sedangkan kita melakukan dosa dalam keadaan mengetahui. 

5. Jika melihat orang jahat, jangan anggap kita lebih mulia daripada mereka karena mungkin di suatu hari nanti mereka akan insaf dan bertobat atas kesalahan yang telah mereka lakukan. 

6. Apabila bertemu dengan orang kafir, katakan di dalam hati bahawa mungkin suatu hari nanti mereka akan diberi hidayah oleh Allah SWT dan akan memeluk Islam, maka segala dosa mereka akan diampuni oleh Allah SWT. 


Semoga kita dijauhkan dari sifat sombong dan angkuh. Aamiin ..

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *