HEADLINE NEWS

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Perbedaan Bacaan Ghorib لــَكِـنـّــَا dan ولكنا beserta Penjelasannya

PERBEDAAN BACAAN GHORIB لــَكِـنـّــَا DAN ولكنا BESERTA PENJELASANNYA 


لــَكِـنـّــَا Hati-hati Na-nya dibaca pendek
ولكنا Hati-hati Na-nya tetap dibaca panjang 

Sahabat, Lafadz لكنا jika dibaca waqof Na-nya tetap dibaca Panjang لكنا dan Jika dibaca washol Na-nya dibaca pendek  dibaca لكن هوالله ربي terdapat disurat Al Kahfi ayat 38 juz 15

Sedangkan Lafadz ولكنا baik ketika waqof maupun washol dibaca panjang satu alif.

KETERANGAN:

.لكنّا هو الله ربّـي, Al-Kahfi ayat 38

Satu-satunya lafadz  لكِنّا dalam Al-Qur’an yang pada huruf nun tidak boleh dibaca panjang. Karena lafadz لكِنّا  bukan gabungan dari dua kata لكِنْ (istidrok) dengan نَا (dhomir mutakallim ma’al qoir atau dhomir mutakallim muadzdzom nafsah), sebagaimana anggapan sebagian orang. Oleh karenanya, maka lanjutannya ربّي bukan ربّـنا. 

Asal kalimat لكِنّا tersebut adalahلكِنْ أنـَا, kemudian harkat fathah pada hamzah dipindahkan (naqlul harokah) kepada huruf nun yang mati, selanjutnya hamzahnya dihilangkan untuk lebih meringankan bacaan (hadzf littakhfif) dan dua huruf nun yang berharkat sama disukunkan salah satunya kemudian diidghomkan (dimasukkan satu huruf kepada yang lainnya), maka menjadi لكنا:

Tahapan perubahannya;  ( لــَـكِنْ أنـَا ـــــ لــَكِـنَـئـْـنـَا – لـَكِــنَـــنـَا -لــَكِـــنـْــنـَا – لــَكِـنـّــَا). Cara membaca لكِــنـّـا pada sa’at diwakafkan atau diwasholkan sama persis seperti pada lafadh أنا, karena asal kata لكنا  adalah لكن أنا. Yang membedakan adalah nama alifnya, bila  pada lafadh انا disebut alif fariqoh (pembeda), sedangkan pada لكنا disebut alif sillah (penghubung). Ma’na firman Allah SWT. pada surat Al-Kahfi ayat 38 tersebut adalah ;ولكِن أنَا أقُول: هُو الله ربّي (Tetapi saya mengatakan dan meyakini, bahwa Allah adalah Tuhanku) . 

Semoga Berkah dan Manfaat, Aamiin Ya Robbal 'Alamiin 



Previous
« Prev Post
Show comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *