HEADLINE NEWS

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

3 Strategi Metode Ummi Mengajarkan Al-Qur'an dengan Menggunakan Bahasa Ibu

3 STRATEGI METODE UMMI MENGAJARKAN AL-QUR'AN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BAHASA IBU


Mengapa Bernama Ummi?

Kata ummi berasal dari bahasa arab “ummun” yang bermakna ibuku dengan penambahan  “ya mutakallim”


Pemilihan nama Ummi juga untuk menghormati dan mengingat jasa ibu. Tiada orang yang paling berjasa pada kita semua kecuali orang tua kita terutama Ibu. Ibulah yang mengajarkan banyak hal pada kita dan orang yang sukses mengajarkan bahasa di dunia ini adalah ibu.


Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran Al-Quran metode Ummi adalah pendekatan bahasa ibu.



Direct Method (Langsung)

Yaitu langsung dibaca tanpa dieja/diurai atau tidak banyak penjelasan. Atau dengan kata lain learning by doing, belajar dengan melakukan      secara langsung.


Repetition (Diulang-Ulang)

Bacaan Al Quran akan semakin kelihatan keindahan, kekuatan, dan kemudahannya ketika kita mengulang-ulang ayat atau surat dalam Al Quran. Begitu pula seorang ibu dalam mengajarkan bahasa kepada anaknya. Kekuatan, keindahan, dan kemudahannya juga dengan mengulang-ulang kata atau kalimat dalam situasi dan kondisi yang berbeda-beda.


Affection (Kasih Sayang Yang Tulus)

Kekuatan cinta, kasih sayang yang tulus, dan kesabaran seorang ibu dalam mendidik anak adalah kunci kesuksesannya. Demikian juga seorang guru yang mengajar Al Quran jika ingin sukses hendaknya meneladani seorang ibu agar guru juga dapat menyentuh hati siswa mereka.


Semoga Bermanfaat, Aamin.

Previous
« Prev Post
Show comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *