HEADLINE NEWS

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

10 Nama Malaikat beserta Tugas-tugasnya

10 NAMA MALAIKAT BESERTA TUGAS-TUGASNYA

Sahabat Al Amin Center yang berbahagia, sebenarnya jumlah malaikat sangat banyak, namun yang dapat mengetahui pastinya hanyalah Allah SWT. Akan tetapi yang wajib kita ketahui dan yakini ada 10 malaikat. Berikut ini adalah nama-nama 10 malaikat tersebut dan tugasnya masing-masing:



1. Malaikat Jibril

Tugas Malaikat Jibril : Menyampaikan wahyu dan meniupkan ruh pada janin dalam kandungan.

Sabahat pasti sering mendengar tentang Malaikat Jibril bukan? Malaikat ini memiliki tugas utamanya adalah untuk menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada para rasul. Selain itu, malaikat ini juga memiliki tugas lain, yaitu meniupkan ruh pada setiap janin yang masih ada di dalam rahim.

Sekarang ini nabi dan rasul sudah tidak ada. Sebab, Nabi Muhammad SAW telah menjadi nabi dan rasul terakhir. Dia pun sudah tiada sejak berabad-abad yang lalu. Lalu apa tugas Malaikat Jibril jika sudah tidak ada nabi dan rasul? Beberapa sumber pun mengatakan Malaikat Jibril dikembalikan untuk dibagikan ilmu. Karena, wahyu juga merupakan bagian dari ilmu.

2. Malaikat Mikail

Tugas Malaikat Mikail : memberikan bantuan untuk dunia.

Malaikat selanjutnya adalah Malaikat Mikail. Tugas utama dari Malaikat Mikail adalah memberikan rezeki untuk menyediakan hidup yang ada di bumi. Jadi, rezeki ini tak hanya untuk manusia saja. Karena bentuk rezeki dari Allah itu bermacam-macam.

Selain membagikan rezeki, Malaikat Mikail juga memiliki tugas untuk diberikan hujan, angin, dan juga tanaman. Semua kendalinya ada di tangan Malaikat Mikail atas izin Allah SWT.

3. Malaikat Israfil

Tugas Malaikat Israfil : Meniup sangkakala pada hari kiamat.

Malaikat ketiga yang harus kamu imani adalah Malaikat Israfil. Malaikat ini memiliki tugas utama untuk melepaskankan sangkakala pada hari kiamat nanti. Sangkakala sendiri adalah sejenis terompet. Di mana saat Allah menyuruh Malaikat Israfil melarikan sangkakalanya hari kiamat tiba tiba, maka seluruh makhluk hidup bernyawa di dunia akan mati.

Kemudian, Allah akan menghidupkan Malaikat Israfil kembali dan menyuruhnya untuk lolos terompetnya lagi. Tiupan kedua ini mengandung semua makhluk hidup yang sudahwasanya sudah tercabut. Setelah terompet ditiup, roh akan kembali ke jasad masing-masing dan hidup kembali. Pada saat inilah yang dinamakan dengan hari berlalu.

4. Malaikat Izrail

Tugas Malaikat Izrail : Mencabut nyawa semua makhluk hidup.

Kemudian ada malaikat yang juga populer di kalangan manusia, yaitu Malaikat Izrail. Malaikat ini populer karena memiliki tugas utama untuk mencabut nyawa seluruh makhluk hidup yang ada di dunia. Tak ada satupun yang terlewat dari takdirnya jika memang sudah waktunya dicabut nyawanya. Malaikat Izrail akan mendatangi orang tersebut dan mencabut nyawanya.

5. Malaikat Munkar

Tugas Malaikat Munkar : Menanyai orang di dalam kubur.

Selanjutnya adalah Malaikat Munkar. Jangan pernah berpikir bahwa kehidupanmu akan berakhir begitu saja setelah meninggal dan dikubur. Sahabat masih harus melewati Malaikat Munkar yang akan menanyai perihal keimananmu. Malaikat Munkar ini hanya akan mendatangi seseorang yang selalu mengajak keburukan selama pergi.

Malaikat Munkar diceritakan akan datang pada manusia yang sudah dikubur, dengan wujud yang menyeramkan. Ia membawa godam sebagai senjata. Jika orang ini tidak bisa menjawab pertanyaannya, maka manusia ini akan dihantam dengan godam hingga hancur. Kemudian dibangkitkan dan dibahas kembali. Jika masih tidak bisa menjawab, akan dihancurkan lagi. Begitu seterusnya hingga hari berlalu tiba.

6. Malaikat Nakir

Tugas Malaikat Nakir : Menanyai orang yang sudah dikubur.

Malaikat Nakir memiliki tugas yang Terkait dengan Malaikat Munkar. Bedanya, ia hanya akan datangi orang yang melakukannya dengan baik selama lewat. Ia juga memiliki wujud yang lebih indah untuk dilihat. Orang-orang yang didatangi oleh Malaikat Nakir ini akan masuk ke surga.

7. Malaikat Raqib

Tugas Malaikat Rokib : Mencatat amal baik manusia semasa tinggal.

Dibagikan Malaikat Raqib yang memiliki tugas utama untuk mengembalikan amalan yang bermanfaat bagi manusia selama masa liburan. Ingatlah semua perbuatan di hidupmu akan dicatat oleh malaikat dan dapatkan pembalasannya kelak. Jadi, sebisa mungkin, lakukan baiklah dalam kehidupanmu. Agar kamu juga mendapatkan balasan yang baik pula dari Allah SWT.

8. Malaikat Atid

Tugas Malaikat Atid : Mencatat amal buruk manusia.

Berkebalikan dengan Malaikat Raqib, Malaikat Atid ini memiliki tugas untuk memilih amal buruk manusia. Jika kamu berniat melakukan hal buruk, jangan lupa Malaikat Atid siap untuk dihapusnya. Ingatlah juga bahwa Allah SWT selalu melihatmu dan mengetahui apapun yang kamu perbuat. Jangan sampai kamu bertindak kehidupanmu dengan penuh tindakan buruk.

9. Malaikat Malik

Tugas Malaikat Malik : Menjaga pintu neraka

Neraka adalah tempat bagi orang-orang yang ingin selalu kembali dan tidak beriman kepada Allah SWT. Di neraka ini, ada malaikat yang dimiliki pintunya, yaitu Malaikat Malik. Hal ini seperti yang telah disampaikan dalam Surat At-Tahrim ayat 6, yang artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu, dan keluargamu dari api yang bahan bakarnya manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah atas apa yang diperintahkan-Nya untuk siapa dan apa yang bisa diminta apa yang diperintahkan "

10. Malaikat Ridwan

Tugas Malaikat Ridwan : Menjaga pintu surga.

Malaikat terakhir yang perlu diimani adalah Malaikat Ridwan. Jika Malaikat Malik adalah penjaga pintu neraka, maka Malaikat Ridwan-lah yang meminta bantuan pintu Surga. Hal ini juga sesuai dengan Surat Al-Baqarah ayat 25, yang berbunyi:

“Dan sampaikanlah berita gembira bagi mereka yang beriman dan melakukan yang baik, bagi mereka yang disediakan surga-surga yang mengalirkan sungai-sungai di sini. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan di surga-surga itu, mereka mengatakan 'itu yang pernah diberikan kepada kami sebelumnya.' Mereka diberi buah-buahan yang Terkait dan untuk mereka di sana ada istri-istri yang suci dan mereka kekal di dalamnya. "

Baca Juga : 99 Asmaul Husna disertai Teks Arab, Latin, Arti, Dalil serta Keutamaannya


Previous
« Prev Post
Show comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *